8 Pengetahuan Tentang Fotografi yang Wajib Kalian Ketahui!


Apakah kalian mengerti apa arti fotografi? Fotografi tersebut berasal dari bahasa Yunani, yaitu "Fos" yang artinya adalah cahaya dan kata "Grafo" yang artinya adalah melukis atau menulis. Arti fotografi dalam bahasa inggris (Photography) adalah sebuah seni. Secara garis besar, arti fotografi adalah suatu proses untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan menerima pantulan cahaya yang mengenai kamera. Fotografi juga merupakan gambar atau foto yang merupakan alat visual efektif yang dapat memvisualkannya lebih akurat dan lebih jelas. Sesuatu yang terjadi di tempat lain dapat kita lihat melalui foto saja dengan mudah.

Fotografi tersebut bukan seni yang tergolong mudah. Bukan hanya soal bagaimana menekan tombol shutter. Namun, kita juga harus merasakan dan berinovasi untuk karya yang selalu berkembang.

Disini saya akan memberi tau kepada Anda beberapa tutorial dasar fotografi yang penting dipelajari oleh para pemula. Dan, saya sangat yakin para suhu-suhu yang ada akan merekomendasikan ilmu yang sama. Berikut adalah beberapa pengetahuan tentang fotografi:

1. Mengenal kamera yang dipakai
Rekomendasi pertama adalah kalian harus mengenal bagian-bagian kamera yang kalian pakai ya sob. Bagian-bagian penting tersebut mencangkup fitur-fitur serta kemampuan kamera. Sebagai fotografer sudah seharusnya kalian ikut menyatu dengan kamera. Pelajari juga fungsi dari setiap tombol-tombol yang tersebar pada kamera Anda.

2. Cara menekan tombol shutter 
Untuk mengambil gambar atau memotret kalian harus menekan tombol shutternya terlebih dahulu. Cara menekan tombol shutter pada kamera DSLR tentu berbeda dengan tombol shutter pada kamera handphone dan kamera saku atau setingkatnya.
  
3. Mengenal exposure
Exposure merupakan bagian dari fotografi. Jadi, sangat disarankan untuk kalian mengetahui dan menguasai teknik-teknik yang berhubungan dengan exposure.

 4. Mengenal tentang lensa
Kamera dibagi dua bagian yaitu badan kamera (body) dan lensa yang dihubungkan dengan kamera. Berikut ini adalah artikel yang membahas tentang lensa :

5. Teknik pengambilan gambar
Ada beberapa cara yang benar untuk memotret gambar yang diberlakukan sesuai kaidah fotografi. Aturan ini disebut dengan Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot)

6. Mengenal sudut pengambilan gambar
Selain teknik pengambilan gambar kalian juga harus mengenal macam-macam sudut pengambilan gambar.

7. Settingan kamera dan teknik memotret
Ada beberapa settingan kamera yang harus kalian kuasai dan settingan tersebut berhubungan erat dengan hasil pemotretan dan kreasi kalian. Selain itu, perlu juga untuk kalian mengetahui beberapa teknik untuk memotret.

8. Mengenal genre fotografiBukan hanya pelajaran saja yang bergenre, tetapi ilmu fotografi juga memiliki banyak aliran fotografi. Ada beberapa genre fotografi yang umum dan yang populer yang wajib kalian ketahui. 

 Untuk mendapatkan yang maksimal saya rekomendasikan untuk belajar bertahap dan lakukan uji coba dan bermainlah dengan kamera. Supaya kalian menyatu dan mendapatkan feeling yang bagus saat memotret. Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat buat kalian semua.

0 Comments:

Definition List

InkaStory
Buy this theme

top navigation

Buy this theme

Ads In-Feed

View AllRomance

Text Widget

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Praesent non leo vestibulum, condimentum elit non, venenatis

eros.

Fashion

Travel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Unordered List

Ads 970x90

Iklan Bawah Artikel

About Me

Author

INKA Story

Responsive Blogger Template.

Popular Posts